Mengenal Hewan Laut Yuk (Part 1)


Judulnya kayak judul display ya. Hhi. Yah inilah seri pertama dari beberapa seri yang diinginkan, tapi entah kapan seri lanjutannya..
 
Berawal dari kiriman Bapak Ibu Wakatobi yang isinya beberapa macam hewan laut yang bernilai ekonomis tinggi. Ada teripang susu, teripang buang kulit, kerang abalon, ikan kakaktua, sotong, siput laut dan ikan kecil. Disini akan saya tampilkan penampakan kering mereka juga penampakan waktu hidup. Juga akan saya coba berikan nama bahasa Bajo dan nama bahasa Indonesia nya.


TERIPANG SUSU. Kata Bapak, inilah teripang paling mahal. Dari harga terakhir yang tercatat di laptop saya, rentang harganya antara Rp. 525.000,- sampai Rp. 980.000,- per kg tergantung besar-kecil nya teripang. Seingat saya gak ada nama khusus buat teripang susu dalam bahasa Bajo, tapi nama secara umum untuk teripang adalah balo’. Sebenernya bingung juga ini dikirimin bapak mau dimasak apa, mana gede-gede, kualitas nomor satu ini
 
TERIPANG BUANG KULIT. Kata Bapak, teripang ini yang paling gampang diolah oleh konsumen lokal. Kalo kata ibu saya bentuknya kayak ulat. Hhe. Sementara malam ini ibu saya masih merendamnya buat dimasak besok, kita lihat besok rasanya kayak apa. 
 
KERANG ABALON. Dulu kalo nonton drama korea sering dibilang kerang abalon enak banget, jadi bikin penasaran. Gak nyangka ternyata kerang abalon atau kerang mata tujuh ini suatu hal yang biasa di Bajo. Saya belum pernah makan yang dimasak sih, pernah makan yang mentah, enak renyah gurih gitu. Bapak Ibu jarang punya kerang ini tapi ini kebetulan saya malah dikirimin. Makanya saya gak begitu tau harga di nelayannya, kalo di pasar katanya sekitar Rp. 600.000,- per kg.


IKAN KAKAKTUA. Ikan ini enak dimakan mentah, tinggal diiris dagingnya bisa langsung dimakan bahkan tanpa perlu ditambah jeruk nipis. Direbus dengan ditambah garam sedikit juga udah nikmat, lebih nikmat lagi ditambah asam. Yummy. 
 
SOTONG. Namanya dalam bahasa Bajo adalah kalabutang. Mirip cumi-cumi tapi lebih besar. Ini enak dimakan mentah juga bisa dimasak ditambah santan. 

 
SIPUT LAUT. Ada berbagai macam siput laut, nah ada tiga yang rasanya mirip dan ketiganya juga favoritku. Susah banget buat cari nama bahasa Indonesianya, susah juga buat cari gambar yang bener-bener sama aslinya. Kalo orang Bajo lihat gambar yang aku pasang disini pasti gak setuju, dan akan menyebutkan nama lain tapi menurutku mirip lah, beda dikit. Hhe. Rasanya gurih, masaknya tinggal direbus aja pake air laut air ditambah garam. Kalo yang udah kering kayak yang bapak kirim harus direndam dulu pake air panas, trus bisa dimasak, dicampur mie instant misalnya.
 
 
IKAN KECIL. Jenis ikan kecil ini juga banyak, katanya kalo yang dikirim ini spesies ikan lure. Ikan-ikan ini nih yang suka berenang bergerombol membuat formasi. Mungkin kalo buat kita namanya cukup satu, teri. Hhe. 
 
Sekian dulu, masih banyak hewan laut yang aku kenal di Wakatobi. Aku dulu pengen ngajarin sama anak-anakku nama-nama dalam bahasa Indonesia atau bahasa internasional nya, tapi sumpah susah carinya. Yah, kalau anak-anak itu tahu nama bahasa Indonesia nya mungkin akan lebih terbuka peluang bagi mereka untuk memberdayakan potensi sumber daya alam yang dimiliki daerahnya. Berlanjut ke Mengenal Hewan Laut Yuk bagian berikutnya..
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TraveLive.in Chapter Lombok (Day 5)

TraveLive.in Chapter Lombok (Day 4)